judul gambar
Home » » Ketua Gapoktan Desa Bulumargi Jadi Buronan Polisi

Ketua Gapoktan Desa Bulumargi Jadi Buronan Polisi


(Woro-Woro) - Ketua Gapoktan Margi Jaya, Desa Bulumargi, Kecamatan Babat, Mustakim (45) yang membawa kabur dana Rp 100 juta dinyatakan buron dan masuk daftar pencarian orang (DPO) oleh Polres Lamongan. Penetapan DPO itu dikeluarkan setelah dua kali pemanggilan terhadap tersangka tidak pernah hadir. (14/2/2015).

Sebelumnya, Penyidik telah pemeriksaan terhadap sekitar 10 orang saksi dan mengerucut pada Ketua Gapoktan Margi Jaya, Mustakim. “ dua kali penyidik memanggil Mustakim untuk dimintai keterangannya. Namun sejauh ini tidak juga memenuhi panggilan polisi,”kata penyidik.

Diduga Mustakim sengaja kabur setelah tahu ia dinyatakan sebagai orang yang paling bertanggungjawab atas keuangan Gapoktan senilai Rp 100 juta, lantaran tersangka yang mengambil uang di rekening bank dan tidak ada realisasi untuk petani.

Keterangan anggota Gapoktan dan alat bukti juga memperkuat Mustakim ditetapkan sebagai tersangka pelaku tindak pidana korupsi. Selain uang Rp 100 juta, pelaku juga membawa kabur bunganya selama setahun dari pembayaran atau angsuran sekitar 700 petani Bulumargi.

Uang yang dibawa itu merupakan pengembalian uang pokok dari anggota Gapoktan yang menggunakan dana Gapoktan untuk satu putaran dalam setahun. Jika dihitung totalnya lebih dari Rp 100 juta uang yang disikat Mustakim.

Ditambahkan, uang yang dibawa kabur itu diambil pelaku melalui rekening bank pada November 2012 setelah uang terkumpul pengembalian dari para petani. Pengurus kain sudah berupaya meminta pertanggungjawaban keluarganya tidak berhasil, lantaran mereka tidak tahu menahu jika Mustakim berbuat semacam itu. Kini ratusan petani Bulumargi resah tidak lagi mendapat pinjaman dana Gapoktan.

Penetapan Mustakim sebagai tersangka DPO ini menambah panjang deretan Ketua Gapoktan di Lamongan yang menggelapkan uang, setelah kasus serupa sebelumnya dilakukan Hery Ketua Kapoktan di Desa Tawangrejo, Kecamatan Turi . Sudah diproses hukum di Pengadilan Tipikor. (sumber: panturajatim.com)

Ditulis Oleh: Desa Bulumargi - Deskripsi: Ketua Gapoktan Desa Bulumargi Jadi Buronan Polisi

Situs ini dibuat sebagai media publikasi DESA BULUMARGI agar masyarakat dengan mudah mengakses segala bentuk informasi. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel Ketua Gapoktan Desa Bulumargi Jadi Buronan Polisi. Silahkan tinggalkan Komentar di bawah.

Gabung Kami: Facebook | Twitter | Google Plus :: Kembali kunjungi kami! ::

3 komentar:

  1. waduh mustakim konco dw iku...weleh...weleh..

    BalasHapus
  2. waduh mustakim konco dw iku...weleh...weleh..

    BalasHapus
  3. betul mustakim yang menjadi ketua GAPOKTAN saat itu yang membawa lari duitnya

    BalasHapus

PASANG IKLAN DISINI
Back To Top