judul gambar
Home » » Mahasiswa STIKES Muhammadiyah Senam Bersama Para Lansia

Mahasiswa STIKES Muhammadiyah Senam Bersama Para Lansia



(Woro-Woro) - Warga Lanjut Usia (Lansia) di Dusun Awar-Awar, Desa Bulumargi, Kecamatan Babat, Melakukan senam Lansia untuk kesehatan dan kesegaran tubuh bersama para mahasiswa STIKES Muhammadiyah Lamongan. Rabu pagi (11/06/2014). Bertempat di halaman rumah kepala dusun para mahasiswa  mengajak para Lansia yang ada di kampung tersebut untuk membiasakan hidup sehat dengan tetap melakukan aktivitas ringan sepeti halnya olahraga.

Keberadaan lanjut usia (lansia) merupakan bagian dari perjalanan hidup manusia. Sebagian masyarakat ada yang menganggap lansia sebagai manusia tidak berdaya sehingga segala aktivitas sangat dibatasi. diperlukan adanya latihan atau exercise untuk menghindari perubahan yang tiba-tiba dan gaya hidup semula aktif ke gaya hidup sederhana. Lansia merupakan usia dimana rentan terjadi masalah pada kesehatan fisik dan mental. 

Oleh karena itu, agar dapat mengurangi dampak kerentanan masalah kesehatan fisik dan mental terhadap masyarakat di usia lanjut, maka lansia perlu tetap beraktivitas seperti halnya olahraga dan aktivitas lainnya, Jenis olahraga yang bisa dilakukan pada Lansia antara lain adalah senam lansia.
Aktivitas olahraga pada lansia akan membantu tubuh tetap bugar dan segar karena melatih tulang tetap kuat, mendorong jantung bekerja optimal, dan membantu menghilangkan radikal bebas yang berkeliaran di dalam tubuh. kondisi tubuh seseoang dapat dikatakan bugar, atau kesegaran jasmani yang baik, bila jantung dan peredaran darah baik sehingga tubuh seluruhnya dapat menjalankan fungsinya dalam waktu yang cukup lama.

Senam lansia disamping memiliki dampak positif terhadap peningkatan fungsi organ tubuh juga berpengaruh dalam meningkatkan imunitas dalam tubuh manusia setelah latihan teratur. Untuk mengetahui tingkat kebugaran dapat dievaluasi dengan mengawasi kecepatan denyut jantung waktu istirahat, yaitu kecepatan denyut nadi waktu rileks. 

Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian mahasiswa terhadap lingkungan masyarakat sosial. Selain itu, para mahasiswa juga membeikan pemeriksaan kesehatan gratis terhadap warga serta penyuluhan kesehatan bersama dengan lansia peserta Posyandu Lansia. sebagai narasumber penyuluhan dalam kegiatan ini adalah Sulistyowati, S.S.T M.Kes, Dian Nurafifah, S.Si.T M.Kes., Atiul Impartina, S.S.T M.Kes.(sumber: stikesmuhla.ac.id)


Ditulis Oleh: Desa Bulumargi - Deskripsi: Mahasiswa STIKES Muhammadiyah Senam Bersama Para Lansia

Situs ini dibuat sebagai media publikasi DESA BULUMARGI agar masyarakat dengan mudah mengakses segala bentuk informasi. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel Mahasiswa STIKES Muhammadiyah Senam Bersama Para Lansia. Silahkan tinggalkan Komentar di bawah.

Gabung Kami: Facebook | Twitter | Google Plus :: Kembali kunjungi kami! ::

1 komentar:

PASANG IKLAN DISINI
Back To Top